Monday 8 August 2016

persiapan kuliah diri sendiri

Sebentar lagi masa perkuliahan dimulai. Mulai semester ini, saya juga akan kuliah lagi. Yap. Back to school. I'm quite nervous and excited at the same time. Mudah-mudahan masih sanggup mengikuti perkuliahan. Mudah2an otak masih nyampe. Mudah2an tenaga masih ada buat bolak-balik Depok-Salemba (plus hidup nomaden lagi, mungkin). Pfffttt.. bismillah.

However, the most interesting part of back to school is the stationery, of course! Apalagi ini buat diri sendiri hihihihi... Tapi namanya juga kuliah tingkat lanjut, jadinya nggak banyak yang warna warni ceria 'kali ya.. Lebih ke fungsional aja. Untuk versi sebelumnya tentang persiapan kuliah, bisa dibaca di tautan ini. As for me, here goes the list...

- Sticky notes
Masih ada banyak banget. Kebanyakan sih memang 3M Post-it notes.

- File folder / File note A5
Pakai yang ada dulu aja lah. Sekarang ini pakai file note Maruman SeptCouleur warna ungu. File note yang saya pilih adalah yang ukuran A5, dengan ring 20 dari bahan metalik.

- Loose leaf
Ukuran A5 sesuai ukuran ring binder. Kebetulan kemaren belinya kertas yang bergaris merek Paperline. Loh memangnya ada yang nggak bergaris? Ada. Ukuran A5 juga, putih polos seperti kertas hvs biasa, dengan 20 lubang. Ini pas banget kalo buat ngeprint materi kuliah atau catetan yang udah dirapihkan di komputer, trus langsung disatukan di file note.

- Bolpoin
Untuk sementara ini, berhubung bokek, pakai yang ada dulu aja. Multipen Bic 4-Color; Uniball 4&1 (4 colours and 1 mechanical pencil) 0.5 point; Frixion Ball Clicker 0.5 blue, black, and red; Uniball Jetstream warna pink dan ungu, dengan isi tinta masing-masing black and blue 0.38 point.

- Penghapus
Buat saya, penghapus paling handal saat ini adalah Mitshubishi Uni Boxy black eraser. Penghapus ini lembut saat menghapus pensil, nggak ngerusak kertas, tapi bersih sempurna.

- Correction tape
Untuk saat ini masih oke dengan correction tape merek Faber Castell QJR-506 warna pink ini. Bentuk barelnya nggak terlalu besar, sekitar ukuran spidol whiteboard, tapi pendek. Ada clickernya juga, jadi pita putih untuk correction-nya terlindungi kalo pas nggak dipakai.

- Highlighter
I don't really like to use highlighter. Usually I just underline the important words using ballpoint pens. Jadi, nggak ada yang bisa dibahas deh ya.

- Agenda / Planner
Wouuhoouuu... Nah kalo yang satu ini, beneran baru. Ini adalah agenda scolaire khas anak sekolah Prancis. Satu halaman per hari, jadi cukup luas buat nyatet tugas2, janjian ngerjain tugas, dll. Mudah2an beneran bertahan selama satu tahun akademik.

- Recorder (perekam)
Kayaknya bakal butuh alat yang satu ini. Bukan kemudian mengandalkan rekaman kuliah aja.. Perekam ini sebenarnya untuk membantu kalo ada yang terlewat dari catatan.

Sekarang, tinggal siapin mental dan energi aja buat kuliah. Allez, couraaaage !!

No comments:

Post a Comment