Sunday 14 August 2016

toko buku sekawan

Heya there.. If you've been spying on my blog, you should've known that I liiiike to visit local bookshop or small stationery store. This time, I went to "Pusat Buku Sekawan" in Solo City (Surakarta), Central Java. 

Sewaktu saya kecil, saya mengenal namanya sebagai Toko Buku Sekawan. Yap, saya pernah diajak ke toko buku ini oleh sepupu dan orang tua saya saat sedang berkunjung ke kota Solo. Sebelum toko buku besar dengan nama terkenal masuk ke kota ini, sepertinya toko buku Sekawan adalah salah satu yang terbesar (dan terlengkap?). For sure it was pretty impressive for me.

Sayangnya pekan lalu saya agak terburu-buru saat ke Solo, sehingga saat di toko buku itu pun tak lebih dari 10 menit. Tetep ajaaa.. sempetin beli alat tulis yang menarik. So, these are what I've got.


I don't see these kind of books quite often in big bookstore. The left one is stenography book for shorthand exercise. Buku yang bersampul warna kuning itu bagian dalamnya semacam buku garis tiga (untuk belajar menulis sambung), tetapi berbeda. Buku ini lebih rapat garis-garisnya, dan digunakan untuk belajar menulis cepat (steno / shorthand). Saat ini, stenografi sudah jarang dipelajari, sehingga buku semacam ini saya asumsikan sudah cukup jarang ditemukan. Besides, the cover is pretty vintage.

The right one is books for music notation. Buku untuk menulis notasi nada ini pun menurut saya cukup unik, meskipun pasti bisa juga ditemukan di toko buku besar. But this one has also unique cover. The font makes a sudden throwback into the 80's or even 70's. 

There are also some other interesting objects, such as buku tulis cap Kera. But I didn't manage to find it as I was in a hurry. My sis said she bought some on the other day. Meskipun banyak produk alat tulis yang unik, sebagian besar produk-produk yang dijual sebenarnya produk masa kini. Toko ini menjual buku-buku pelajaran juga, selain stationery. Sayangnya saya tidak sempat melihat-lihat ke beberapa lantai lain. Perhaps I felt directed into notebook area when I saw a lifesize standing cardboard of Rio Haryanto for Kiky books ;) Agak nyesel nggak sempet selfie sama Rio..

Kalau lagi jalan-jalan ke Solo, monggo mampir ke Pusat Buku Sekawan di Jl. R.A. Kartini no.4, Timuran, Solo. I will try to visit this place again next time. See ya.

No comments:

Post a Comment