Thursday 24 July 2014

lebaran ramah anak

Lebaran sebentar lagi.. Waktunya untuk bersiap menghadapi serbuan anak-anak kecil yang datang ke rumah ortu. Ada dua hal yang harus diperhatikan. Jika itu merupakan kunjungan pertama mereka dari rangkaian silaturahmi ke rumah-rumah lain, biasanya mereka masih semangat. Lari ke sana ke mari, ceriwisnya minta ampun, minta ini itu, nanya segala macem sehingga ortunya merasa agak terganggu acaranya. Di sisi lain, jika itu adalah kunjungan mereka yang ke-sekian di hari itu, --belum lagi kena macet dalam perjalanan, kepanasan, plus capek dan ngantuk.. bisa dipastikan mereka akan rewel. Anak rewel pasti kelakuannya mantep banget : nangis sesenggukan, jerit-jerit, merajuk minta pulang, nggak mau ini itu, ditanya diem aja, cemberut, muka dilipet tuju, dan sebagainya. Sebagai tuan rumah, pasti merasa nggak enak hati juga. Mau disuruh pulang aja, takut dikira ngusir.. Mau ditahan2, si anak tambah ngeselin.. Jadi, gimana dong?

No worries.. Setiap lebaran, saya selalu siapkan pensil warna / krayon / spidol dan kertas buram di ruang tamu. Anak-anak juga suka mewarnai atau menghubungkan titik-titik menjadi gambar; jadi saya cari gambar-gambar kartun (free printables) di internet, lalu di-print dan di-fotokopi secukupnya. Saat anak-anak itu tiba, mereka bisa langsung menggambar ataupun mewarnai sesuka hati. Bisa juga ditambah permen dan biskuit yang umumnya mereka suka, misalnya Oreo dan M&Ms dalam kemasan mini. Dijamin mereka nggak rewel lagi..

Buat anak yang sudah agak besar, mereka mungkin nggak suka lagi mewarnai. Tapi saya perhatikan, mereka akan ikutan menggambar saat melihat anak-anak yang lebih kecil terlihat asyik dengan aktivitasnya. Bagi mereka, bisa aja disiapkan lembaran sudoku yang mudah atau word search. Hal ini akan melatih kreativitas dan motorik mereka. Murah, sederhana dan mujarab. Hehehehe :p

.:: Useful links for printable materials
Colouring
Connecting dots

No comments:

Post a Comment