Saturday 26 July 2014

oshibori

Oshibori adalah handuk kecil yang lembab untuk lap tangan (dan wajah). Disebut juga hot towel atau cold towel karena oshibori ini bisa berupa handuk hangat ataupun handuk dingin. Biasanya handuk dingin diberikan saat cuaca panas. Selain terdapat di restoran, orang Jepang juga sering membawa oshibori ini bersama dengan bento atau lunchbox mereka.

Menurut saya, oshibori ini sangat menyegarkan untuk lap muka. Cara menyiapkannya pun mudah. Basahi handuk muka (maksimal sekitar 20cm x 20cm) atau saputangan tebal dengan air, lalu peras hingga air tidak lagi menetes. Gulung dan masukkan ke dalam wadah plastik kecil (tertutup) lalu simpan di dalam kulkas. Saya menyimpannya di kulkas rumah dan kantor. Saat tiba di rumah atau kantor, oshibori ini langsung dapat digunakan untuk lap tangan atau menyegarkan muka. Jangan lupa segera cuci, peras, dan masukkan kembali ke wadahnya.

Apabila ingin dibawa kemana-mana, oshibori dapat disimpan di wadah plastik yang kecil, lalu bawa dengan blue ice di sekitar wadahnya. Jika ingin oshibori hangat, tidak perlu membawa es karena cuaca di Indonesia sangat panas; dan pada akhirnya oshibori tersebut menjadi hangat seperti keluar dari pengukus.

No comments:

Post a Comment