Wednesday 23 July 2014

momoi diary


I bought the Momoi diary from Panmomo couple days ago, and it has arrived in my place today !! Yaaay... !!! The character is soooo cute.. I like it so much. Sebenernya sih kalo cuma lucu aja, cukup masuk instagram. Tapi ternyata, bagian dalam diary Momoi ini layout-nya lumayan bagus dan berguna. Pas banget  buat catetan segala rupa. Bahkan bisa juga dipakai buat buku catatan rumah tangga. Daftar belanjaan, jadwal les, rencana jalan2, barang yang mau dibeli, uang belanja, review buku atau film favorit, dan banyak lagi.

Bagian awal dari diary ini adalah tabel "Yearly Plan". To be honest, I don't really like this part. Bukan cuma diary ini aja. Di semua agenda, umumnya ada rencana tahunan ini. Tapi gimana mau nulis di kolom yang sempit itu? Idealnya sih cuma buat kode warna, timeline atau semacam gantt chart gitu 'kali ya. Kalo diary ini dimanfaatkan sebagai buku keluarga, maka bagian ini bisa untuk catatan ulang tahun teman, kerabat, saudara sepupu, dll.
Bagian  selanjutnya adalah Monthly Plan. Seperti di agenda / planner pada umumnya, bentuknya kotak-kotak. Kita bisa isi tanggal di sudut kiri atas dari masing-masing kolom yang ada.  Kolomnya cukupan lah.. sekitar 2,5 x 2,5 cm. Kolom-kolom ini bisa diisi gambar, simbol atau keywords. Cocok buat rencana jalan2, jadwal kegiatan, rapat RT, arisan, jadwal ujian di sekolah, dll. 
Masalah bagi saya adalah, I don't like the week begins from Sunday. I prefer the first day of the week is Monday. Sedangkan di tabel itu, hari Minggu diletakkan di awal pekan. Pfft...
Setelah bagian Monthly Plan untuk 1 bulan, langsung lanjut ke Weekly Plan. Menurut saya, layout model begini ada bagusnya juga. Jadi langsung sepaket bulanan, lanjut lagi bulan berikutnya. Kebanyakan planner membuat Monthly Plan untuk 12 bulan, baru setelahnya ada Weekly Plan untuk 52-60 pekan. Untuk Weekly Plan, bentuknya seperti ini..

Bentuk bisa sekaligus buat catatan harian. Ada 7 kotak berukuran 5,5 x 7 cm. Di bagian atas masing-masing kotak tersebut ada nama hari, lalu kolom kecil untuk tanggal. Di sisi kirinya ada beberapa simbol cuaca (matahari, awan, hujan dan salju). Dibawahnya ada 3 baris kolom yang bisa digunakan untuk menulis "to-do list" atau deadline, atau appointment. Sedangkan di bawahnya ada ruang yang cukup untuk cerita apa saja yang dialami hari itu. 
Jangan lupa, di sudut kanan bawah dari setiap harinya, ada gambar kepala si Momoi (tanpa raut muka) yang disertai pertanyaan "How are you today?".. sehingga kita bisa menggambarkan mood / perasaan kita setiap hari dalam bentuk emoticon yang menarik. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvWj93Hphm2jRmS8FdmXKfv_HHTiTvcaHr5OqI5fb8RfxR0T8TlzmOuijbS6OLflKcHhSxzhxN27ovBtX5zxP2uq1-f3i2WJWll0yHV1Eu3MLievtlsOuoHqF39ofU5LlCr09oWGqI1g4/s1600/20140723_162041-788940.jpg

Setelah Weekly Plan sebanyak 5 pekan, bagian selanjutnya adalah "Memories". Terdapat 4 bidang, yang terbagi dalam 2 halaman, yang bisa digunakan untuk curhat, mencatat pengalaman wisata ataupun review film, buku dan restoran. Ukuran masing-masing bidang itu adalah 10 x 6 cm bergaris, ada 10 baris. Yaah.. nggak bisa terlalu panjang juga sih ceritanya ;)

Ada lagi 1 halaman untuk checklist kegiatan, keinginan, reminder bayar tagihan, jadwal vaksinasi atau ke dokter gigi, dan lain sebagainya. Di sebelahnya, ada tabel "Monthly Cash" untuk mencatat arus kas, pendapatan dan pengeluaran kita. Totalnya ada 50 baris yang terbagi di 2 halaman (1 lembar bolak balik), mudah2an cukup untuk mencatat keuangan keluarga, hutang-piutang, cicilan, dll. Terakhir adalah halaman kotak kecil-kecil (grid pattern) seperti buku matematika, untuk catatan bebas. 

Total seluruhnya ada 14 bulan yang masing-masing terdiri dari 1 Monthly Plan, 5 set Weekly Plan, Memories, Checklist, Monthly Cash dan Grid Page. Overall sih suka banget ama diary ini.. walopun belum tentu dipakai. 

2 comments:

  1. Replies
    1. Saya dulu belinya di Panmomo.com tapi kayaknya udah habis stoknya. Coba cari di tokopedia. Berikut ini link-nya : https://m.tokopedia.com/search?st=product&q=momoi+diary

      Delete