Friday 31 January 2014

empty lunchbox

Pada suatu waktu, kita pasti pernah berada di salah satu situasi berikut ini : 
  • Terlalu banyak pesan makanan di restoran atau karena porsinya terlalu besar, jadi nggak habis. Trus minta dibungkus.
  • Acara arisan atau kondangan atau semacamnya, dan makanannya sisa banyak karena tamu undangannya nggak banyak yang dateng. Trus kita boleh bawa sebagian dari makanan itu untuk dibungkus dan dibawa pulang.
  • Jadi student yang duitnya tiris atau anak kos yang kelaperan, dan berhasil dapet akses masuk ke suatu acara besar yang makanannya melimpah. Kalo semuanya dicicipin sedikit2 pun, bisa2 nggak sanggup jalan saking kekenyangan. Trus mendingan sebagian dikantongin aja.
  • Maen ke rumah temen atau sodara trus dibawain bekal makanan untuk di perjalanan atau untuk di rumah. 
Kalo udah gitu, pasti yang kebanyakan dipakai untuk membungkus adalah kantong plastik sekenanya atau rantang yang musti dikembalikan ke pemiliknya. Well, beberapa restoran biasanya membungkus makanan dengan baik.. tapi pada akhirnya, semua pembungkus sekali pakai (disposable box) berdampak buruk dan kurang ramah terhadap lingkungan.

Ada baiknya kita mulai peduli sama lingkungan sekitar. Kita bisa koq, mengurangi sampah plastik dkk itu dengan membawa kotak makan. Jadi, sewaktu2 ada makanan yang perlu dibungkus, dapat langsung dibungkus rapi di kotak makan. Sekarang ini banyak jenis kotak makan yang menarik di pasaran, seperti yang pernah dibahas dikit di post lunchbox.

So, this is what we can do :
  • Have a small empty cleaned lunchbox in our bag. Anytime we found leftovers, allez hop, straight into the box. Bawa kotak makan yang kosong dan bersih. Sewaktu2 ada kesempatan untuk membawa makanan, langsung beres dalam sekejap. 
  • Hal tersebut berlaku sama dengan membawa tempat minum isi air. Also carry a water tumbler at all times. Whereas the water keeps us hydrated, we can refill the tumbler when we found a free water fountain or water dispenser. In case there are some refreshing drink treat leftover, such as es kelapa muda or fruit punch, we can throw the water into a pot plant or sink, and use the tumbler to take home some cool refreshments.
Using lunchbox means less trash. Pakai kotak makan akan membantu mengurangi sampah. Mengurangi jumlah pohon yang ditebang untuk kertas pembungkus, mengurangi jumlah plastik yang mencemari lingkungan dan sulit terurai dan mengurangi zat kimia yang merusak lingkungan sekitar. Membawa kotak makan juga membuat kita makan secukupnya. Kita cenderung menghabiskan semua makanan meskipun sudah kenyang, karena tidak mau menyia2kan rezeki makanan yang ada. Nah sekarang, kalo udah kenyang dan masih bersisa, bisa langsung bungkuuuss.. pakai kotak makan. 

Let's do something nice to our environment. Mother Earth will appreciate it and hopefully we won't face such a horrible disaster in the future.

No comments:

Post a Comment