Sunday 17 August 2014

study planner

Beberapa bulan yang lalu, saya membeli study planner "hello coco" dari ebay. Saking bagusnya, langsung disimpen dan sayang dipakai.. buat dikoleksi aja. Padahal study planner mustinya berguna buat mencatat kegiatan akademik. Jadwal sekolah / kuliah, jadwal les / kursus, deadline pengumpulan tugas, step-by-step pengerjaan school project, logbook riset / penelitian, target nilai dalam satu semester, nilai ulangan / kuis / tugas / ujian, dll.

Baru-baru ini, saya kembali membeli study planner. Kali ini Semester Study Planner (untuk 6 bulan) versi China, merk Lenwa.. beli di Panmomo. Murmer dan kualitasnya lumayan bagus.. tapi banyak typo alias salah ketik. Misalnya "score graph" dicetaknya "scote graph".. pffftt.. Ditimpa washi tape aja 'kali ya.. Anyway, harganya 35ribu. Kalo yang ini, kayaknya bakal diuji-coba buat semester gasal besok. 

Study planner sebenernya pernah saya kenal waktu saya sekolah dulu dengan sebutan Agenda Sekolah. Tapi agenda sekolah jaman saya dulu bentuknya lebih sederhana.. mirip pocket diary yang isinya sekedar catatan jadwal pelajaran dan pengingat tugas atau ujian. Sedangkan study planner ini didesain untuk 1 semester alias 6 bulan. Pembabakan layout dibuat setiap bulan. Jadi, dalam 1 bulan ada monthly plan, weekly plan untuk 5 minggu berbentuk baris checklist, pie chart weekly plan, 32 kotak kecil untuk ringkasan weekly plan, dan 1 halaman ringkasan bulan.
 
Di bagian awal, ada halaman half yearly plan yang bisa dimanfaatkan sebagai timeline atau scheduling suatu project. Halaman selanjutnya adalah jadwal kegiatan (time table). Sayangnya cuma ada 1 halaman.. berarti jadwal kuliah / sekolah musti jadi satu dengan jadwal les, ekskul, dll. Ada bagusnya juga sih.. jadi bakal langsung tau kalo ada yang waktunya bentrok. Di halaman sebelahnya, ada 21 day habit project. Hnnggg.. ini maksudnya apa sih ?!! Well, nampaknya ini buat checklist perbuatan baik yang harus dilakukan. Kalo udah dilakukan selama 21 hari, maka akan jadi kebiasaan. Gitu 'kali... 

Di halaman selanjutnya ada 6 lingkaran untuk weekday plan. Masing-masing lingkaran terbagi 2 untuk am (00.01 sampai 12 siang) dan pm (12.01 sampai 24.00). Setiap lingkaran mewakili 1 hari penuh. Tapi mungkin karena ada 6, jadi setiap lingkarannya untuk masing-masing bulan?
Setelah itu, ada bagian self improvement seperti motto hidup, role model, cita2, rencana jangka pendek dan jangka panjang.
Bagian selanjutnya terbagi dalam 6 bulan. Masing-masing bulan, isi dan layoutnya sama.. seperti pada Momoi diary. Untuk layoutnya, planner ini memberi lebih banyak ruang untuk catatan harian. Jadi, detil tugas dan PR bisa dicatat sekalian. Bagian awal adalah monthly plan berbentuk tabel kolom kotak2 dalam 2 halaman. Selanjutnya adalah weekly plan dengan kolom bergaris sehingga bisa dipakai untuk checklist. Di akhir setiap bulannya, terdapat lembar ringkasan untuk capaian akademis.

Di bagian akhir agenda (setelah 6 bulan) ada bagian untuk mencatat jadwal ulangan / kuis / ujian. Ada juga score graph dan catatan seluruh nilai yang diperoleh. Dengan demikian, kita bisa terpacu untuk belajar lebih giat.

Menurut saya, agenda ini pas banget buat pelajar / mahasiswa yang ingin meningkatkan nilainya. Atau mereka yang ingin kehidupan akademisnya lebih terorganisir.

No comments:

Post a Comment