Wednesday 27 July 2016

french stationery

These are the things I bought when I went to Paris last May. I have posted these on my instagram. But I think I have some infos to share regarding these items. These things are quite familiar to French pupils or students, but not so known in Indonesia.

First of all, fountain pen set. Pena Maped ini nggak mahal karena termasuk alat tulis sehari-hari. Di Prancis, anak SD wajib belajar nulis huruf sambung pakai pena begini. Harga pena Maped ini sekitar 6 euro (setara Rp 90 ribu). Nah, yang di tengah itu adalah cartridge (katrid) atau isi pena. Biasanya, pena yang murah meriah begini memang pakai katrid sekali pakai, bukan pakai pompa barel seperti pena mahal. Katrid seperti ini juga banyak dijual di toko alat tulis atau supermarket kalo di Prancis. I bought these things in Monoprix. Sebungkusnya ada sekitar 12 katrid, harganya murah (lupa tapinya). Sedangkan yang di samping kanan itu adalah penghapus tinta. Bentuknya seperti spidol putih di ujung satunya untuk menghapus tinta, dan warna biru untuk menulis di bagian yang dihapus. Kertas yang sudah terkena hapusan tinta biasanya jadi rusak karena cara kerja penghapus tersebut adalah mencairkan tinta, seperti thinner. Sehingga, untuk menulis kembali di bagian yang sama, kita harus menggunakan bolpoin atau marker khusus yang tidak merembes di kertas.


Next thing is a pencil pouch or trousse in French. Bukan sembarang tempat pensil. This is Asterix pencil pouch.. Aaaa.. !! I like the colour and the character. Sebenernya sih, yang jadi idola adalah Obelix hihihihi.. but Asterix is also my favorite. Belinya susah pula, musti di Parc Asterix. Ke tempat ini pun harus penuh perjuangan. Naik RER (urban train) dari Paris sampai CDG airport, lalu nyambung naik shuttle bus sekitar 30 menit. Anyway, harganya sekitar 10-15 euro. Agak mahal untuk tempat pensil biasa. Yaudah lah yaaa...                  

No comments:

Post a Comment